Windows Phone | 27 September 2013

04.30 Unknown 0 Comments


Versi QI-Part 1 - Aplikasi Kreasi dan Kretif Mahasiswa - Aplikasi Buatan Q - Panduan Shalat Jenazah

#Dimulai Dengan Basmallah____^_^______

Jum'at, 27 September 2013, tepatnya di Lab.Komputer Kampus.
Pertemuan yang diawali dengan Do'a dan dilanjutkan dengan kesiapan mengikuti perkuliahan Windows Phone. Nah, ini lah postingan saya mengenai belajar Windows Phone di Kelas tadi. Nah, untuk postingan ini saya membuat aplikasi sederhana, yaitu Panduan Shalat Jenazah untuk di Windows Phone.Ada beberapa tahap ni dalam pembuatan aplikasinya..Cekidot
Pertama-tama kita di laptop atau PC kita, harus di Instal Software Pendukung untuk pembuatan aplikasi windows phone.Untuk OS yang windows 7, membutuhkan …, sedangkan di OS yang Windows 8,Nah kebetulan saya pakai Windows 8.Okeh, kalau Software pendukung udah lengkap, selanjutnya kita mulai untuk meng-otak atik Software na…cekidot lagi dah..
1.    buka VS EXPRESS for Windows Phone
2.    kemudian kita pilih FILE-NEW PROJECT. Selanjutnya kita pilih apa yang terlihat pada gambar di bawah ini.
3.    Lalu, kita persiapkan alat dan bahan.dalam hal ini ada 3 slide yang dibutukan, yang sebelumnya sudah saya desain di sotosop dengan ukuran 456x603 px .Seperti gambar di bawah ini.silahkan kembangkan kreatif anda masing-masing.
4.    Setalah alat dan bahan sudah siap, kita kembali ke software windows phone tadi,
5.    Dalam tampilan seperti ini,KLIK tulisan FIRST, ganti dengan depan.dan kita hapus isi teksnya yang ada pada tampilan EMULATORnya.
6.    DiSLIDE Kedua, kita pilih TEKS second,dan kita rubah dengan fiqh. Dan kita hapus juga isi teks di EMULATORya.
7.    Nah untuk menambah SLIDE yang ketiga, kita tinggal COPAS(Copy Paste)dari kode yang second/fiqh tadi, dan kita PASTEkan tepatnya di kode <GRID>
8.    Dan kita terapkan hal yang sama dengan hal yang diatas.
9.    Nah, sekarang kita tinggal memasukkan Gambar di masing-masing SLIDE.
10.    PIlih IMAGE di menu TOOLBOX, dan KLIK kan di Tampilan EMULATORnya.
11.    Kemudian kita beralih ke SOLUTION EXPLORER untuk memasukkan gambar yang telah kita buat.cara nya KLIK KANAN pada nama file yang telah kita buat tadi, terus pilih ADD-EXISTING ITEM. Cari dimana kita menempatkan file desain yang telah kita buat.Dan setelah dipilih secara otomatis akan tersimpan di folder project kita.
12.    Selanjutnya kita beralih ke Properties, dan sebelum itu , kita klik kan area content yang ada pada EMULATOR, dan kita fokuskan ke Properties tadi. Pada SOURCE pilih nama gambar yang akan kita tampilkan.
13.    Untuk mengisi slide yang kedua dan ketiga, lakukan hal yang sama dengan di atas. Mudah dan sederhana kan.
14.    Ketika semua SLIDE sudah terisi dengan gambar yang telah kita buat, selanjutnya kita melihat hasil yang kita buat, dengan menjalankan emulator yang telah disediakan oleh Software Windows Phone.
15.    Pada TOOL yang diatas, ada gambar tombol PLAY, dengan pilihan EMULATOR WVGA512MB.
16.    Silahkan anda klik, dan tunggu beberapa saat, maka akan tampil, hasil yang anda buat.

Nah, itu penjelasan singkat mengenai aplikasi sederhana Panduan Shalat Jenazah versi Qi. Semoga bisa membantu dan bisa anda kembangkan. Sesuatu itu mudah dipelajari, ketika kita bersungguh-sungguh untuk mempelajarinya.Yang penting ada kemauan untuk belajar, dan motivasi dalam diri.
Oke...Selamat mencoba dan silahkan untuk dikembangkan, sesuai dengan imajinasi dan kreatif dari anda.Terimakasih

#Langkah Qi.

0 komentar :