Mengenal Platform Windows Phone

10.03 Unknown 0 Comments

Febuari 2011, Nokia mengumumkan kerja samanya dengan Microsoft,akan menggunakan Windows Phone OS untuk seluruh lini smartphone mereka. Windows Phone merupakan jawaban Microsoft terhadap kebutuhan sistem operasi ponsel pintar yang semakin kompetitif dewasa ini. Tidak hanya menawarkan kemudahan personalisasi dan user interface menarik bagi end-user , Windows Phone menyediakan platform pengembangan yang memudahkan developer untuk lebih produktif.
Sebelum Anda memulai belajar mengembangkan aplikasi untuk Windows Phone maka dibutuhkan pengetahuan mengenai platform aplikasi Windows Phone tersebut. Platform aplikasi Windows Phone bukanlah merupakan satu lingkungan kecil melainkan terdiri dari 4 komponen yang saling melengkapi. Keberadaan platform ini bertujuan untuk menyediakan peralatangan pengembangan yang murah dan sudah dikenal, dukungan API yang sudah dirancang dengan baik, lingkungan terisolasi untuk setiap aplikasi, layanan komputasi awan milik Microsoft serta portal untuk mendistribusikan aplikasi.
pltform-wp
 
Memilih Framework Aplikasi : XNA dan Silverlight
Untuk membangun aplikasi pada Windows Phone terdapat dua framework yang dapat digunakan yaitu XNA dan Silverlight. Pemilihan framework disesuaikan dengan tujuan pengembangan aplikasi.
Framework-wp
Framework Silverlight digunakan untuk membangun aplikasi kebanyakan yang berbasis event, kaya dari sisi pengalaman pengguna, banyak membutuhkan kontrol antarmuka dan grafik vector melalui XAML, dukungan media serta membutuhkan penggunaan Microsoft Blend sebagai alat perancang antarmuka. Sementara framework XNA sangat sesuai jika hendak membangun games, yang membutuhkan dukungan 2 atau 3 dimensi serta grafik yang kaya.
Kedua framework tersebut menggunakan managed code, dan akan berjalan secara aman dalam lingkungan yang disebut sandbox sehingga aplikasi satu dan yang lainnya tidak akan pernah saling mempengaruhi. Kemampuan sensor seperti multitouch, akselerometer dan microphone dapat diakses melalui dukungan API yang telah disediakan. Dukungan media yang meliputi gambar, animasi dan video dapat digunakan untuk memperkaya pengalaman pengguna. Sementara itu layanan berbasis lokasi Microsoft memungkinkan aplikasi yang dibangun dapat memberikan informasi lokasi fisik dengan cepat dan mudah.

Perangkat Bantu Pengembangan

Windows Phone adalah sebuah sistem operasi yang dapat berjalan di beberapa manufaktur ponsel. Hal ini berbeda dengan Apple iOS yang hanya dapat berjalan pada iPhone. Namun tidak seperti Android yang membebaskan spesifikasi hardware ponsel yang menjalankannya, Microsoft menjamin konsistensi hardware yang dapat menjalankan Windows Phone harus memiliki resolusi 800 x 480 WGA atau 480 x 320 HVGA, layar sentuh, beberapa sensor seperti GPS, accelerometer, kompas, cahaya, kamera, layanan multimedia, GPU dengan DirectX9 dan tiga hardware button. Sebagai developer dapat dijamin keseluruhan spesifikasi ini akan dimiliki pada device yang mendukung sistem operasi Windows Phone.
Selain itu, untuk memulai pengembangan aplikasi Windows Phone maka kita harus memiliki perangkat bantu pengembangan aplikasi yang disebut Windows Phone Developer Tools. Tools ini termasuk diantaranya Visual Studio 2010 Express for Windows Phone, Windows Phone Emulator, XNA Game Studio, Expression Blend for Windows Phone, contoh dan dokumentasi. Visual Studio 2010 Express for Windows Phone digunakan untuk menulis kode pemrograman sementara Expression Blend for Windows Phone digunakan untuk mendesain antarmuka aplikasi. Windows Phone emulator merupakan alat yang sangat berguna jika Anda tidak memiliki device yang menggunakan sistem operasi Windows Phone. Dengan emulator, kita dapat menguji aplikasi seperti layaknya pada device yang sebenarnya, tentunya dengan beberapa perbedaan.
Jika pada komputer pengembangan telah terinstall Visual Studio Professional atau versi di atasnya maka sebuah Add-In untuk Visual Studio akan secara otomatis akan terinstall. Tools ini telah mencapai versi rilis pada 16 September 2011 dan update pertama pada Januari 2011. Pembaca dapat mengunduh tools tersebut secara gratis pada alamat http://www.developer.nokia.com/Develop/Windows_Phone/
 
Adapun kebutuhan komputer agar dapat menjalankan Windows Phone Developer tools adalah sebagai berikut :
1. Sistem Operasi Windows 7 dan Windows Vista
a. Windows Vista (x86 dan x64) ENU Service pack 2 seluruh edisi kecuali Starter
b. Windows 7 (x86 dan x64) ENU seluruh edisi kecuali starter
2. Space harddisk minimal tersedia 3 GB
3. Memory yang disarankan minimal 2 GB
4. Kartu grafis, yang mendukung DirectX 10 dengan WDDM 1.1 driver.
Selama masa pengembangan aplikasi jika tidak terdapat sebuah ponsel berbasis Windows Phone maka kita dapat memanfaatkan emulator yang sudah tersedia di dalam Windows Phone developer tools. Untuk menjalankan emulator memerlukan konfigurasi sistem seperti pada kebutuhan sistem diatas namun dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
1. File aplikasi yang dihasilkan tidak boleh lebih dari 400 MB
2. Tidak mendukung penggunaan GPU
3. Hanya mendukung VC-1 encoding, tidak mendukung efek blur dan dropshadow
4. Data penyimpanan akan tersimpan di emulator selama emulator belum di non-aktifkan
5. Simulasi multitouch menggunakan mouse tidak didukung, pembaca harus memiliki mesin yang juga mendukung multitouch
6. Acceloremeter , GPS dan camera belum dapat digunakan seperti pada device yang sebenarnya.

 

Cloud Services

Dengan dukungan API dan framework yang sudah dimiliki pada platform Windows Phone Anda sudah dapat membangun aplikasi yang intuitif, kaya dan diinginkan oleh pengguna. Dan dengan layanan komputasi awan Anda dapat menawarkan pengalaman yang lebih jauh lagi. Komputasi awan yang bersifat selalu dapat diakses, skalabilitas yang tinggi dan dapat memiliki fungsionalitas yang lebih dan tidak tergantung pada masa hidup baterai. Layanan yang terdapat pada Windows Azure atau layanan web pihak ketiga dapat mengirimkan data kepada handset Windows Phone.
Dua layanan utama yang menjadi favorit pengembang aplikasi adalah layanan notifikasi dan layanan lokasi. Dengan layanan notifikasi, informasi terbaru yang ingin disampaikan kepada pengguna dapat dilakukan dengan cepat dan dinamis. Dengan adanya notifikasi Anda tidak perlu selalu membuka aplikasi Anda untuk melihat suatu informasi, tidak perlu melakukan skema polling ke layanan komputasi awan dan secara otomatis mengurangi konsumsi baterai. Layanan berbasis lokasi memungkinkan para pengembang aplikasi menghadirkan relevansi posisi pengguna terhadap suatu informasi. Bayangkan ketika Anda sedang berada di suatu pertokoan dan Anda dapat melihat berbagai barang yang dijual di toko-toko tersebut.
Selain itu berbagai layanan pihak ketiga memungkinkan kita menggunakan layanan identitas dan single sign-on, berinteraksi dengan layanan jejaring sosial, menerima data dan peta untuk navigasi. Bahkan bagi yang tertarik untuk mengembangkan games, layanan XBOX Live sudah tersedia untuk dipakai mengembangkan game yang menghubungkan sesama pemain game.
Layanan komputasi awan ini dapat berupa layanan yang Anda bangun sendiri, layanan pihak ketiga seperti Facebook, Twitter, Flickr maupun layanan yang dimiliki Microsoft.

cloudservices

Portal Services
Satu-satunya tempat bagi para pengembang aplikasi Windows Phone untuk dapat memasarkan aplikasinya adalah melalui Windows Phone Marketplace. Pasar aplikasi ini adalah lokasi tersentralisasi dimana para pengembang dapat mengirimkan aplikasi dan mendapatkan persetujuan aplikasi mereka. Konsumen juga menggunakan pasar aplikasi ini untuk membeli atau memperbaharui aplikasi mereka.
Untuk memulai pengembangan pengembang aplikasi diharuskan memiliki akun pengembang dengan mendaftar menggunakan Windows Live ID pada situs App Hub (http://create.msdn.com/en-US/ ). Setelah mendaftar, aplikasi yang telah dikembangkan dapat dikirimkan untuk disetujui dan diperbolehkan masuk ke dalam pasar aplikasi Windows Phone. Konsep pasar aplikasi ini sendiri merupakan konsep yang sudah lumrah di platform lainnya. Adanya tahap ini digunakan untuk menjamin kualitas aplikasi yang terdapat di dalam pasar aplikasi dan mencegah hal-hal seperti pornografi dan rasisme. Melalui portal ini pengembang dapat memantau proses sertifikasi,menentukan harga dan wilayah pasar mana aplikasi tersebut akan berada. Jika pengembang menambahkan fitur atau melakukan pembaharuan menyeluruh maka proses ini diulang kembali.
Layanan portal ini juga menyediakan laporan bagaimana ketertarikan pengguna terhadap aplikasi Anda. Laporan ini dapat digunakan untuk mendapatkan informasi bisnis yang berharga mengenai target, wilayah dan harga aplikasi Anda berikutnya. Untuk mendaftar ke pasar aplikasi Anda diharuskan membayar langganan $99 per tahun dengan pembagian keuntungan 70% untuk pengembang aplikasi dan 30% untuk penyedia portal, dalam hal ini Microsoft.
pengumpulan
Platform aplikasi Windows Phone menyediakan seluruh komponen yang dibutuhkan oleh para pengembang aplikasi. Dua framework Silverlight dan XNA yang sudah dikenal ditambah dukungan API dan fitur spesifik Windows Phone memungkinkan kita membangun aplikasi yang menarik, kaya dan aman. Perangkat pengembangan yabg lengkap, baik untuk penulisan logika pemrograman maupun desain antarmuka , dapat digunakan untuk membuat, debugging, dan mencoba aplikasi.Layanan komputasi awan untuk selalu terkoneksi dengan informasi yang dinamis dan cepat berubah serta layanan pasar aplikasi yang tersentralisasi memudahkan pengembang aplikasi mengatur pengumpulan aplikasi dan konsumen untuk membeli aplikasi dengan mudah. Dengan partnership Nokia dan Microsoft membuka peluang yang sangat luas bagi pengembang aplikasi mobile.

Sumber :  http://nice.or.id/poedja/2011/12/18/mengenal-platform-windows-phone/

0 komentar :