Ini Dia 10 Fitur Rahasia Mac OS

02.50 Unknown 0 Comments


Berapa lama Anda menggunakan iMac atau Macbook? Meski cukup lama, barangkali Anda belum mengetahui 10 fitur rahasia Mac OS berikut ini. Maklum saja, fitur-fitur unik ini memang tidak diiklankan oleh Apple. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Ikon TextEdit
Pernahkan Anda mengamati ikon Textedit di komputer Mac Anda? Lihatlah lebih dalam dan bacalah apa yang tertulis dalam ikon tersebut. Kalimat pertama "Here's to the crazy ones" pasti akan mengingatkan Anda pada sebuah iklan terkenal yang pernah dibuat Apple.
2. Emacs psychoanalysis
Bukalan Terminal di Mac Anda. Ketikkan kata 'emacs' lalu tekan enter. Secepatnya tekan esc + x lalu ketikkan ‘psychoanalyze-pinhead’ Yang Anda lihat di monitor selanjutnya adalah percakapan Mac dengan dirinya sendiri. Untuk menghentikannya tekan ctl + g.

3. Efek 'Suck' di opsi minimizing window
Saat me-minimize sebuah window di Mac, Anda bisa memilih efek 'scale' atau 'genie'. Tapi tahukan Anda bahwa ada pilihan ketiga yang disebut 'suck'?
Bukalah Terminal lalu ketikkan 'defaults write com.apple.dock mineffect -string suck' kemudian restar Mac. Efek baru SUCK telah ditambahkan!

4. Main game Tetris

Mac memiliki beberapa game jadul yang sengaja disembunyikan. Untuk bisa memainkan Tetris di Mac, silakan buka Terminal lalu ketikkan ‘emacs’ kemudian tekan esc + x. Setelahnya ketik kata 'tetris' maka Mac Anda akan membukakan sebuah game Tetris!

5. Main game Snake
Game jadul lain yang bisa Anda mainkan di Mac adalah Snake. Untuk memunculkan Snake, lakukan cara yang sama seperti trik nomor 4 di atas, ketikkan 'snake' untuk menggantikan 'tetris'.

6. Kejadian penting setiap hari, sepanjang tahun
Untuk bisa menjadikan Terminal menampilkan daftar 365 hari dan kejadian penting di dalamnya, ketiklah 'cat /usr/share/calendar/calendar.history'

7. Mac juga bisa becanda
Bukalah System Preferences lalu ke panel Speech. Aktifkan Speakable Items dan Speak Back Text. Ucapkan dengan keras kalimat ini: "Tell me a joke" maka Mac akan memberikan Anda hiburan lucu! Ada banyak koleksi humor yang dimilik Mac tetapi jika Anda terus mengajaknya guyon pada akhirnya Mac akan menyuruh Anda kembali bekerja.

8. Teks rahasia di ikon Keynote
Apa yang tertulis dalan ikon aplikasi Keynote? Judulnya terlihat jelas adalah 'Q4 2008' tapi tahukan Anda apa yang tertulis di bawahnya? Itu adalah lyric lagu "The Bitch of Living" milik Spring Awakening. Hmm, siapa kira-kira tim kreatif Apple yang nge-fans dengan grup band rock tersebut?

9. Kloning komputer Windows
Jika dalan jaringan Anda terdapat sebuah server Windows, Mac akan bisa menampilkannya dalam sebuah monitor CRT dengan ciri Windows berupa background berwarna biru.
10. Resep rahasia
Selain suka musik rock, programmer Apple tampaknya juga hobi masak. Hal itu ditunjukkan dengan adanya sebuah resep rahasia yang disisipkan dalam sistem Mac. Untuk memunculkan resep tersebut, bukalah Terminal dan ketikkan 'open /usr/share/emacs/22.1/etc/COOKIES'
Anda tertarik untuk mencoba 10 fitur rahasia di Mac tersebut? Coba saja!

sumber: http://www.serbagadget.co/apps-and-tips/pc/2642-ini-dia-10-fitur-rahasia-mac-os

0 komentar :