Ekspedisi Ahad #Menikmati Taman Batu dan Goa Pawon

20.04 Unknown 2 Comments


Ekspedisi kali ini bukan mencari batu , tapi bermula dari ide teman kos yang mengajak untuk refreshing. Seketika dia mengajak untuk melakukan ekspedisi ke Stone Garden atau dikenal dengan taman batu, karena emang banyak batu disana, klo banyak bunga, ya bakalan disebut taman bunga. Karena sebelumnya saya pun pernah mencari informasi mengenai Stone Garden di google.com dan emang keren pemandangannya disana. Jadi saya pun tidak bias menolak ajak temen kos saya (red-Azadha QR).
Persiapan beres, dan siap untuk melakukan ekspedisi ahad kali ini. Namun sebelum itu, cek lokasi dulu,karena kami berdua juga belum tau lokasi yang jelas tempat taman batu berada.Akhirnya lokasi ditemukan dan siap menghidupkan motor dan 2 buah helm, biar aman katanya.
Perjalanan kurang lebih 45 menit dengan rute dari Cimahi – Citatah dan akhirnya sampai juga di lokasi taman batu. Hmmm… udara sejuk dan segar menghampiri kami, seolah-olah dedaunan melambai-lambai kearah kami. Tiba pukul 09.00 wib dengan suasana di taman batu sudah dipenuhi oleh para wisatawan. Sejenak kami melihat sekitar dan memarkirkan kendaraan di parkiran yang telah disediakan. Tanpa menunggu lama, kami pun memulai ekspedisi kami menjelajah celah-celah bebatuan yang ada ditaman batu dengan ditemani kamera (biar sedikit Exis). Sesampai dilokasi, Wow, MasyaAllah penciptaan Allah yang telah menghias bumi dengan kebesaranNya, dalam hati terus mengucapkan kebesaranNya. Bayangkan kami di atas bukit bebatuan dengan puncak yang luas tidak ada pohon yang menghalangi, jadi semua yang ada disekitar puncak tersebut kami bias melihatnya. Indahnya lukisan hijau sawah, hamparan pepohonan dan lainnya, kami bisa menyaksikannya seluas mata memandang.
Dan sudah tidak sabar untuk menyimpan momen indah ini, sudut demi sudut kami pun mengambil gambar. Dan diatas puncak juga, kami sempat mendengar penyampaian dari salah seorang Tour Guide, bahwasanya batu-batu yang ada di puncak ini, dulu nya adalah karang dan ganggang yang sudah membatu dikarenakan adanya pergesaran bumi sehinggi karang dan ganggan ini berpindah posisi, Dan dikarenakan waktu yang sudah begitu lama, maka karang dan ganggang ini keras membatu,jadi bisa digambarkan bahwa tempat ini dulunya adalah Dasar Laut. Dan dari atas puncak terlihat juga sebuah pemandangan yag menakjubkan, seolah-oleh dahulunya itu adalah aliran sungai tempat binatang minum dan mencari makanan. 

Setelah puas berada di puncak bebatuan, kami memutuskan untuk turun ke bawah dan mengunjungi situs peninggalan zaman purba yaitu Goa Pawon. 15 Menit perjalanan yang kami habiskan untuk turun ke bawah dan akhirnya kami sampai di mulut Goa Pawon. Disambut oleh suara kalelawar, seperti di film-film horror.^_^.
Menelusuri goa pawon pun kami lanjutkan dengan mengambil beberapa momen didalam goa. Didalam goa pawon ada situs manusia purba yaitu para peneliti menemukan kerangka manusia purba berupa tengkorak kepala dengan susunan tulang. Didalam goa purba juga ada yang namanya 3 jendela, karena emang ada 3 celah yang besar seperti jendela. Dan ekspedisi kami kali ini, kami sudahi sampai di 3 jendela Goa Pawon. Sekian dulu ekspedisi ahad kali, sampai bertemu di eksepdisi berikutnya.

Berikut kami informasikan lokasinya ya…
Kampung Girimulya Desa Gunung Masigit Kecamatan Cipatat Kab. Bandung Barat. Untuk mencapai lokasi ini bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Ada beberapa rute yang bisa diambil seperti dari arah Cimahi atau Kota Bandung. Jika menggunakan mobil jalur yang harus dilalui adalah melewati Tol Purbaleunyi, keluar tol Padalarang menuju arah Cianjur, setelah keluar tol arahkan kendaraan menuju kawasan Tagog Apu lalu kembali berjalan dan di sebelah kanan jalan terdapat gapura berwarna hitam menuju kawasan Goa Pawon.
Jika menggunakan kendaraan motor patokan yang paling mudah adalah Kota Baru Parahyangan, dari sana lurus terus menuju arah Cianjur sampai melewati pusat oleh-oleh Roti Unyil, dari Roti Unyil tersebut kembali berjalan melewati kawasan Tagog Apu (kawasan yang berkelok-kelok dan terdapat oleh-oleh pinggir jalan). Dari kawasan Tagog Apu ini perhatikan arah kanan yang terdapat gapura berwarna hitam yang merupakan pintu gerbang utama menuju kawasan Goa Pawon & Stone Garden.


“ Bahwasanya apa yang kami lihat dan kami rasakan ini, serta keindahan ini tidak lain adalah kebesaran Allah ”


2 komentar :

  1. mantep kakak, kapan-kapan nanti ajaklah aku kesini.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap mas, masih banyak spot yang belum di jelajah.#dtunggu kedatangannya

      Hapus