Fakta Permasalahan Palestina - Bag.1

14.41 Unknown 0 Comments


Ada beberapa fakta yang menjadi permasalahan di Palestina, Dan akan kita bahas secara bertahap dalam tulisan berikut :

FAKTA 1
Strategis Secara Geografis
Palestina adalah nama untuk wilayah bagian barat daya negeri Syam. Terletak di wilayah pesisir Laut Tengah, di Bagian Barat Benua Asia. Palestina dianggap sebagai penghubung benua Asia dan Afrika. dan kedekatannya dengan benua Eropa menjadikan Palestina wilayah yang istimewa.
Palestina memiliki wilayah yang berbatasan dengan darat dan laut. Disebelah Utara berbatasan dengan Libanon, di Timur Laut berbatasan dengan Syiria, Di Timur berbatasan dengan Yordania, dan di Selatan serat Barat Daya berbatasan dengan Mesir. Sementara di bagian Barat dan Barat Laut berbatasan langsung dengan Laut Arab. Luas keseluruhan Palestina (termasuk wilayah yang dicaplok oleh Israel), dalam batas geografi yang dikenal saat ini, yaitu 27.000 KM persegi. Atau hanya 1/5 dari luas pulau jawa secara keseluruhan dan memiliki iklim yang relatif stabil, yaitu Iklim Laut Tengah.

FAKTA 2
Peradaban Tertua Dunia
Palestina termasuk di antara wilayah yang memiliki peradaban tertua di dunia. Berbdasarkan penemuan-penemuan arkeologi modern, bisa dipastikan bahwa Palestina adalah wilayah pertama dimanan manusia mulai hidup secara permanen dan bercocok tanam. itu terjadi sejak 11.000 tahun yang lalu (9000 SM). Disana terdapat kota tertua dalam sejarah, yaitu kota Ariha atau Jericho (dibangun sekitar 8000 tahun sebelum masehi), dan terus dibangun hingga saat ini.

FAKTA 3
Kedudukan Palestina Bagi Umat Islam
Palestina memiliki kedudukan istimewa di lubuk hati setiap muslim. Palestina adalah tanah suci yang diberkahi, sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur'an "Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.(Q.S Al Isra :1)".
Masjid Al Aqsha yang bagi umat Islam memiliki beberapa keistimewaan :
  1. Kiblat pertama umat Islam
  2. Masjid kedua yang dibangun di muka bumi seperti dinyatakan di dalam hadits
  3. Satu dari tiga masjid yang memiliki kedudukan penting dalam Islam
  4. Palestina adalah terminal akhir perjalanan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW dan sekaligus titik awala Mi'rajnya kelangit untuk menerima perintah Shalat 5 waktu, seperti telah disebutkan dalam Q.S Al Isra ayat 1.
  5. Negeri para nabi, dimana banyak nabi-nabi dilahirkan, hidup dan dimakamkan disana, seperti Nabi Ibrahim, Ishak, Sulaiman, Musa, Daud dan lainnya.
  6. Palestina juga adalah negeri tempat dikumpulkan dan dihidupkan kembali semua umat  manusi, dari sejak Nabi Adam hingga generasi akhir zaman. Tempat domisilinya darul Islam. Orang yang teguh untuk teteap tinggal disana karena Allah, bagai seorang pejuang yang berjihad di jalan-Nya.
  7. Pusat berkumpulnya generasi kedua dari kelompok yang ditolong Allah hingga hari Kiamat.



Sampai disini dulu pembahasan mengenai Fakta Permasalahan Palestina Bagian 1 nya, insyaAllah akan ada beberapa bagian lagi. Ditunggu aja ya Update nya. Terimakasih.

Referensi : 
-Memahami Prahara Palestina.

0 komentar :