Tarbiyah Itu Membahagiakan

05.00 Unknown 0 Comments


Bagi mereka yang merasakan indahnya dan berbahagianya menjalani proses tarbiyah, tidak akan melupakan pengalaman yang takkan pernah tergantikan. Di akhirat kelak, suasana tarbiyah yang meneguhkan imannya di tengah berbagai kesibukan urusan dunia, akan menjadi harta benda berharga.
Proses tarbiyah dengan rangkaian liqo dan halaqah meneguhkan iman karena Islam kemudian menjadi bagian dari kehidupannya yang kental. Membaca Al Quran menjadi penyejuk jiwa dan pembentuk pribadi yang kuat menghadapi guncanngan dunia. Mengkaji dan mentadaburi Al Quran menjadi bagian sehari-hari dari kehidupannya.
Al Quran menjadi lingkaran pembentuk pribadinya dalam tarbiyah. Inilah yang kemudian menjadi bekal dalam mengemban amanah Ilahi yang Suci.
Jika belum merasakan nikmatnya tarbiyah maka masukilah sendiri ulangan sejarah Rasulullah ketika melakukan tarbiyah di rumah Darul Arqam. Generasi pertama yang dididik Rasulullah untuk menjadi pengemban Risallah.

Nikmatnya dan bahagianya tarbiyah dari satu minggu ke minggu berikutnya dari satu bulan ke bulan berikutnya merupakan bekal tabungan hari akhir. Mengumpulkan poin demi poin melalui amaliyah yang sejalan dengan Sunnah Rasulullah. Inilah pilar tarbiyah yang menjadi umat semakin kuat dan sadar akan tanggung jawabnya akan penegakan kalimat-kalimat suci dalam diri, keluarga dan umat. 

0 komentar :